WELCOME

Minggu, 07 Juli 2013

Karakteristik pair EUR/JPY

Karakteristik pair EUR/JPY

Saya selalu tertarik untuk mengulas karakteristik EUR/JPY sesuai pengalaman pribadi.
Karena jujur saya pernah 15 (limabelas) kali MC di pair ini, belum terhitung akun2 demo...
coba bayangin kalau satu akun real berisi 100rb, berarti sudah berapa? lha kalau satu akun isinya 1jt? 2jt? bahkan 10jt?
mungkin itulah alasan kenapa saya ingin kita semua tidak mengalami nasib yang sama..


1. EUR/JPY adalah pair hasil perkalian silang antara USD/JPY dan EUR/USD.
coba kalikan saja harga kedua pair itu, pasti menghasilkan harga EUR/JPY
artinya : Probabilitas EUR/JPY sangat dipengaruhi oleh kedua pair tersebut..
jadi ada baiknya selalu mempertimbangkan kedua pair (EUR/USD dan USD/JPY) sebelum OP..

2. Tanpa bermaksud apapun, saya sudah buktikan dalam sebulan ini kalau Pemahaman formasi maupun Pola Candlestick Pattern,
hanya tepat sekitar 50%. Artinya, Pair EUR/JPY tidak selalu bisa terbaca hanya dengan pemahaman ilmu Candle.
(saya juga pelajari soal formasi Candlestick pattern sampai kepala saya sakit) dan memang seperti itulah adanya EUR/JPY.
Pola candlestick pattern mungkin sangat baik digunakan untuk pair yang lain misal EUR/USD atau AUD/USD. Jadi jangan buru2
terpancing dengan pola2 candlestick (terutama bulan ini) di EUR/JPY. ingat, EUR/JPY selalu penuh kejutan..

3. Saya sudah pernah melakukan "BACKTEST" berbagai macam strategi trading Selama 20 (DUAPULUH) TAHUN
yang saya buat EA sendiri. dan ujungnya hanyaLoss dan MC, ini juga bukti kalau EUR/JPY perlu pemahaman
yang lebih dan perlu logic yang beda...

4. Selama melakukan Backtest (20 tahun) ada beberapa hal yang bisa saya jadikan pegangan untuk bermain Di EUR/JPY
dan salahsatu yang paling penting adalah kita harus tahu "Daily Range" , baca dan pelajari setiap range harian,
biasanya hari senin dan kamis akan beda. dan yang paling mengejutkan, Fibonacci Retracement memiliki akurasi
yang jauh lebih tinggi untuk mengukur tingkat reversal maupun Retracement (Koreksi)..

5. Trend di EUR/JPY sangat mempengaruhi nilai reversal. Misal : Trend harian sedang mengalami Bullish trend,
bagi yang suka pasang jebakan Buy/Sell limit lebih baik mengutamakan Buy limit dengan mengukur jarak rata2
antara DOP ke titik terendah hari2 sebelumnya. kalau kita berani memasang sell limit saat trend bullish,
itu berarti kita hanya berharap pada Retracement/koreksi, dan itu sangat riskan (saya pernnah MC gara2 melakukan hal itu.),
Logika sederhananya ; Kalau kita berharap profit dari koreksi yang kecil, maka peluang kitapun kecil,
maka jika tidak terlalu paham karakteristik EUR/JPY mending jangan deh..

6. Selama melakukan Backtest, saya menemukan logic yang memiliki akurasi sekitar "70% Benar" di EUR/JPY.
yakni angka "35". Coba kita bikin horizontal line berjarak 35 point baik diatas maupun dibawah DOP
(harga pembukaan market) SETIAP HARI. kemudian buka TF M15 kemudian perhatikan dengan sangat teliti.
Setiap kali ada "BODY/BADAN" (bukan shadow) yang close dan menembus/melewati garis itu, maka akan menjadi sebuah trend.
KECUALI ada Body Candle besar yang mengembalikannya (Akan terlihat di TF M30) panjang body candle pembalikkan
minimal 20 Pips. (perhatikan kata BODy, bukan Shadow).
jadi kalau saat terjadi BULLISH ada body candle yang melewati garis 35 itu, tunggu sajalah di candle berikutnya,
jika candle berikutnya close dibawah garis 35 maka cepet2lah BUY, jika dia turun lagi, ya buy lagi..
70% kita akan profit dengan target yang logis (5-10) pips saja (Amannya 5 pips diatas garis 35).
dan saya menggunakan teknik ini sampai sekarang. dan hasilnya keren.
nggak usah serakah, silahkan dicoba dulu di demo. Jangan lupa pasang stoploss 20 pips saja
(menghindari candle besar yang akan membawa trend berbalik).

7. Trend EUR/JPY sangat dipengaruhi oleh candle BP (Di TF H1 candle BP berukuran minimal 35,
di TF M30 candle BP beukuran Minimal 20), biasanya terjadi jam 12 siang lewat
(Saat sesi asia nyaris usai - sesi eropa mulai start),
jika ada candle besar di Pembukaan market (TF H1) itu pasti dipengaruhi oleh hal2 Fundamental..

8. Sering2lah menggunakan Fibonacci di EUR/JPY. untuk pemetaan, saya menggunakan teknik ‎#TokyoSamurai
karena area Tokyo memang selalu berhubungan..

9. Selalu perhatikan Range harian EUR/JPY, karena nyaris 70% kejadian, setelah range harian tercapai
dan sesi eropa tidak melakukan reversal maka di sesi New York akan terjadi pembalikan arah (retracement)..
Silahkan di cek di history, panjangnya koreksi bisa diukur dengan Fibo..

Itu saja dulu soal EUR/JPY kapan2 disambung lagi. karena saya juga masih terus mempelajari karakter pair ini..
ada baiknya anda download data history sampai 10-20 tahun kebelakang.. dan perhatikan terus pergerakannya..
jika ada perbaikan dan hal2 yang lebih oke,
pasti akan saya share. Mari menang Bersama. Salam!  by Andreas Fafandreo


Posted by Komunitas Trader Satu Hati - Bandung

4 komentar:

  1. bang, ane ijin copas y.. buat blog ane.. salam kenal.. :)

    BalasHapus
  2. komentar saya sebelumnya hapus ya bang, wkwkwk.. gk jadi.. iya, ane juga sangat sangat penasaran dengan Currency pair yang satu ini, sangat volatile, saya pernah mendapatkan 300% perhari dan hanya bertahan sampai 2 minggu saja :p, memang dalam membaca pergerakan EURJP Y ini tidak hanya cukup dengan candle pattern saja, selalu penuh kejutan, pada hari kamis saja (17 oktober 2013), range di chart TF15M sekitar 10 sampai 18 pips, bahkan sampe 22 pips. itu terjadi di pasar eropa dan US.. CMIIW

    thx gan ilmunya, salam kenal..

    BalasHapus
  3. mksh infonya .. emang beda banget ,karena sebelumnya saya nyaman sama E/U .. tapi di eu pagi saya pengen trade juga (tapi biasanya di eu hanya sore dan malam geraknya) makanya belajar ej .. memanfaatkan jam jpynya ..ternyata beda ..hehe

    BalasHapus
  4. makasih om data n sharing ilmunya

    BalasHapus